Di Rumah Aja dan Tetap Berpahala

Di Rumah Aja dan tetap Berpahala
Di Rumah Aja dan tetap Berpahala

Di Rumah Aja dan Tetap Berpahala : Hari-hari ini, kita semua sedang berusaha sekuat daya upaya bersama-sama dengan Pemerintah dan segenap komponen bangsa lainnya untuk mencegah meluasnya penularan wabah Covid19.

Di antara himbauan yang diserukan oleh Pemerintah, para ahli kesehatan dan juga para ulama adalah agar kita tetap tinggal di rumah (stay at home) untuk memutus mata rantai penularan Covid19.

Sebagai warga negara yang baik tentu kita harus mematuhi himbauan tersebut untuk stay at home dan menjadikan rumah kita sebagai benteng perlindungan dari penularan covid19.

Rumah Sebagai Benteng Perlindungan

Dalam Al Quran Surat An Nahl : 80, Allah subhanahu wa ta’ala menjelaskan tentang fungsi rumah sebagai tempat tinggal.

 اًنَكَ س ُْكمِوت ُيُ ب ْنِ م ُْكمَ ل َلَعَ ج ُ اللَّه َو

 “Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal untukmu…”

Imam Ibnu Katsir menuturkan bahwa dalam ayat tersebut, “Allah subhanahu wa ta’ala  mengingatkan kesempurnaan nikmat kepada hambaNya, berupa rumah sebagai tempat tinggal.

Dalam upaya mengoptimalkan saat Di Rumah Aja atau stay at home, maka perlu kita tingkatkan fungsi rumah kita. Antara lain dengan hal-hal sebagai berikut :

Rumah Sebagai Tempat Dzikrullah

“Perumpamaan rumah yang digunakan untuk berdzikir kepada Allah dengan rumah yang tidak digunakan untuk berdzikir kepada Allah bagaikan orang hidup dan orang mati.” (HR Muslim)

Rumah Sebagai Tempat Shalat

Wahai umat manusia, shalatlah kalian di rumah kalian. Karena sebaik-baik shalat seseorang adalah shalat yang dilakukan di rumahnya, kecuali shalat wajib. (HR. Bukhari dan Muslim)

Rumah Sebagai Tempat Membaca Al Quran

“Sesungguhnya rumah yang dibacakan di dalamnya al-Qur’an, maka rumah tersebut akan terlihat oleh para penduduk langit sebagaimana terlihatnya bintang-bintang oleh penduduk bumi”. (HR. Ahmad, Ash-Shahiha)

Rumah Sebagai Tempat Belajar Mengajar

Dan ingatlah apa yang dibacakan di rumahmu dari ayat-ayat Allah dan hikmah (sunnah nabimu). Sesungguhnya Allah adalah Maha Lembut lagi Maha Mengetahui. (QS Al Ahzab : 34)

Di Rumah Aja Menguatkan Interaksi Diri Dengan Al Quran

Momen Di Rumah Aja, Stay at Home akibat wabah ini harus mampu kita ambil hikmah nya dan membuat diri kita menajdi lebih baik.

Ibarat ulat yang berdiam diri saja dalam kepompongnya selama beberapa waktu, lalu keluar telah menajdi kupu kupu yang indah dan memberi manfaat lebih luas.

Berdiam diri nya saja kita di rumah bukan berarti rebahan tanpa makna. Tetapi justru kita menempa diri, mengupgrade skill dan meningkatkan kualitas serta kuantitas interaksi kita dengan Al Qur’an misal nya.

Di Rumah Aja kita berkumpul dengan semua anggota keluarga. Ini adalah saat saat penting bagi seorang Ayah untuk mendengar, menyimak dan me murojaah bacaan Al Quran Anak dan Istri nya. Pada saat yang sama berusaha untuk meningkatkan jumlah hafalan Al Qur’an nya.

Di Rumah Aja Menghafal Al Quran Bersama Keluarga

Ayah, Ibu dan semua anggota keluarga dapat bersama sama menghafal Al Quran. Misal nya dengan menggunakan cara menghafal Al Quran metode pengulangan / tikrar menggunakan Mushaf Al Quran Hafalan Super Lengkap Madina Al Mutqin, atau juga menggunakan Al Quran Hafalan Al Hufaz, atau jenis mushaf yang lain nya.

[ promoterbesar.com ]

Summary
Di Rumah Aja dan Tetap Berpahala
Article Name
Di Rumah Aja dan Tetap Berpahala
Description
Di Rumah Aja bersama sama Melawan penyebaran Virus Covid19, Tetap Berpahala, tetap produktif, tetap berdaya sukses penuh berkah.
Author
Publisher Name
promoterbesar.com